Jangan aneh aneh deh!

Ah, senang sekali rasanya kembali disini. Setelah panjang berlibur dalam dunia blog, banyak sekali yang terjadi. Lets make the story short, saya sudah mengelola keluarga “mini” sendiri🙂 dan tinggal di daerah bekasi😀

Awal Survey Rumah

Awal Survey Rumah🙂

Tinggal disana setahunan saya (akhirnya) dilibatkan dalam proses pemilihan RT. Sebagai *rookie* yang ingin memajukan, dan meningkatkan dinamisasi kehidupan komplek *halah halah* saya mendapatkan flash back sejarah, dan gambaran kiprah RT disini. Inilah serunya kumpul-kumpul, bisa dapat informasi berharga😀

Ada beberapa tipe kepemimpinan disini:
1. Tipe merakyat : Contoh tipe ini adalah Pak RW yang pernah menjabat disini. Namanya pak Endang. Meskipun tidak punya proyek yang “wah”, dia dikenal sebagai pemimpin yang perhatian dan sering ngobrol dengan rakyatnya terutama satpam. Sekedar pagi-pagi sebelum berangkat untuk menanyakan, “Apa sudah sarapan/ngopi belum?”,”sudah merokok belum?” pasti tidak terlewat. Di setiap acara yang diundang juga pasti datang.

2. Tipe aktif dan inisiatif: Pak RT yang sedang menjabat disini namanya pak Amien. Dia aslinya bukan datang dari kalangan yang seharusnya mengisi komplek ini, tapi dia sangat semangat dan peduli. Salut banget deh ama bapak ini. Dia mengerti betul semangat mengajak kebaikan kepada sesamanya. Gak tanggung-tanggung berkorban demi kebersamaan. Suatu semangat yang saya mesti belajar betul betul. Contohnya uda banyak banget, untuk gedung RT kami punya sendiri, tenda juga, lampu-lampu penerangan dia benahi, dana sosial kami punya, arisan tiap bulan dan pelaporan keuangan kegiatan RT yang transparan. Semuanya mandiri. Beda banget ama tipe berikut ini.

3. Tipe ga aneh aneh: Ini tipe pak RT yang dulu pernah menjabat dan sangat adem ayem nampaknya. Ya ga usa repot-repot urusi atau ngadakan kegiatan dan pengadaan macem-macem, toh nanti jatuhnya warga akan kerepotan dan terbebani. Laporan RT ya ga ada yang mesti dilaporkan. Itulah karakter yang menggambarkan tipe ini.

Dari ketiga tipe diatas, rupanya penggemarnya juga beragam. Ada yang suka tipe ke-3 juga lho ternyata:-/ ya hidup mungkin dibenaknya adem ayem, pungutan ga usah naik, ga usah bikin perbaikan ato pengadaan gedung apalah ga penting. Sing penting urusi keluarga masing-masing dah beres tok!😀😀

Bagi saya, ini menarik. Mungkin masih banyak diluar sana RT dengan tipe kepemimpinan seperti no 3 ini. Ini penting lho, RT itu posisinya strategis🙂 dan kepemimpinan itu mencerminkan rakyat yang dipimpinnya. Ya sayang saja ketika sudah mencalonkan dan mendapat legitimasi dari warga tapi ko tidak menjalankan amanah. Hallo! ini 2014 bung!! orang-orang sudah akan ke Mars dan kita masih dengan kelembaman dan tidak mau berubah*..
*Note: buat para pemimpin yang malas berubah, termasuk saya😀

Syukur alhamdulillah, saat ini kami punya pak Amien di RT 4. Saya mengikuti dia, dan ternyata dia sangat aktif di berbagai organisasi warga. Semoga jika kelak saya dipercaya menjadi wakil warga (RT atau RW) saya memang benar-benar capable.. dan amanah.. minimal gabungan 1 dan 2 diatas🙂 aminn!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: