Sabar.. (akan selalu) berbuah manis..?

-Patience is a Virtue-

Sabar sering dikaitkan dengan keadaan nerimo, dan pasrah. Benarkah seperti itu? Apakah orang sabar tidak dapat bereaksi? Betulkah sabar ada batasnya?

Mari kita lihat dulu definisi sabar menurut  shvoong.com setidaknya ada 7. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1). Sabar adalah menunda respons, tidak langsung nyambar. Ini juga kunci dari kecerdasan emosi. Stimulus yang masuk ke thalamus untuk masuk neokortex butuh waktu sekitar 6 detik. Kalau belum 6 detik akan dibajak oleh amikdala ( pusat emosi di otak )

2).  Sabar adalah menyatukan badan dan pikiran di satu tempat.

3). Sabar yaitu kata kerja aktif bukan pasif. Sabar sangat cocok dalam dunia bisnis, sabar itu aktif bukan berdiam diri dan dilakukan sampai berhasil. Ketika ada stimulus, jangan langsung dikasih respons kita pause dulu terutama pada stimulus yang berbahaya, yang menyebabkan kita marah. Rumusnya adalah SPP : STOP, PIKIR, PILIH .

4). Sabar adalah menyesuaikan tempo kita dengan tempo orang lain.

5). Sabar adalah menikmati prosesnya tanpa terganggu hasil akhir. Orang yang sabar adalah orang yang menjalani prosesnya. Yang lebih nikmat dalam hidup ini adalah prosesnya bukan hasilnya. Jangan terpaku pada hasil, karena hasil itu di luar kita, itu adalah urusan Tuhan. Sabar jangan hanya saat susah tapi saat senang juga. Orang sabar pasti kaya, minimal kaya bathin.

6). Sabar adalah hidup selaras dengan hukum alam, bisa jalan sesuai dengan tarian alam semesta, ritme alam semesta. Kalau kita grusa – grusu yang harus dilakukan adalah DUDUK MEDITASI ( selama kurang lebih 10 menit ) fokuskan pada nafas kita.

7). Sabar yakni melakukan SATU HAL  DI SATU WAKTU.

Dari definisi tadi, penjabaran kata “Sabar” justru memiliki makna aktif. Favorit saya yang nomor 5, Sabar adalah menikmati proses. Susah senang, sukses gagal, its just a matter of universal ritme. Orientasi pada target haruslah maksimal, dan harus diselaraskan dengan kenikmatan saat menjalaninya. Sayang sumber dari shvoong ini tidak dijelaskan asalnya. Sabar menurut saya tidak berbatas, tergantung kadar kesabaran tiap2 pribadi.

Dan Saya sungguh menyaksikan buah kesabaran memang benar-benar manis. Hal-hal manis sehari-hari saja misalnya, menabung, belajar dengan giat, beribadah dengan tekun, dll. Kalo bisa ngamalin ketujuh2 yg diatas.. beuh, top markotop. Dijamin hidup tambah barokah (berkah). Setidaknya itu dijanjikan dalam kitab pegangan muslim yaitu Al-Quran yang merupakan wahyu 4JJI

…Dan para malaikat masuk kepada tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan); keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. Ar-Ra’d [13]:23-24)

Sabar menurut bahasa artinya mengekang. Bentuk kesabaran ini (non fisik) beraneka macam yang disebutkan dalam Al-Quran :

  1. Jika berbentuk sabar (menahan) dari syahwat perut dan kemaluan disebut iffah
  2. Jika di dalam musibah, secara singkat disebut sabar, kebalikannya adalah keluh kesah.
  3. Jika sabar di dalam kondisi serba berkucukupan disebut mengendalikan nafsu, kebalikannya adalah kondisi yang disebut sombong (al-bathr)
  4. Jika sabar di dalam peperangan dan pertempuran disebut syaja’ah (berani), kebalikannya adalah al-jubnu (pengecut)
  5. Jika sabar di dalam mengekang kemarahan disebut lemah lembut (al-hilmu), kebalikannya adalah tadzammur (emosional)
  6. Jika sabar dalam menyimpan perkataan disebut katum (penyimpan rahasia)
  7. Jika sabar dari kelebihan disebut zuhud, kebalikannya adalah al-hirshu (serakah)

Subhanallah, Wallahua’lam bishawab.

Nah, begitulah sedikit tentang sabar yang berbuah manis nis nis. Bukan sabar yang nerimo2 saja J bagaimana menurutmu?

One response to this post.

  1. […] Sabar.. (akan selalu) berbuah manis..? « Blog Archive « Acilo's Corner […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: