Kisah Jabulani (1)



Benua Afrika Berpesta! Pesta bola! Demam Bola! Bahkan Obama pun bawa2 WC (World Cup) ke G20 hehe. Tentunya even ini akan abadi sepanjang masa. Selalu diingat, dikenang. Yang menarik di WC2010 kali ini direpresentasikan betul oleh Jabulani sang pembawa kebahagiaan untuk semua (kira2 begitu artinya di bahasa Afrika).

Pergerakannya liar tak terduga, begitu ditendang sekenceng2nya bola itu melesat dan kemudian seolah bisa punya arah sendiri. Itu kesan pertama saya pada Jabulani (meski belum pernah nyoba nendang langsung) J. Soalnya, bola resmi pabrikan Adidas untuk WC2010 ini menuai banyak kritik awalnya karena sulit dikendalikan oleh pemain maupun kiper saat uji coba.

Well, Itu kayaknya dah rahasia umum. Saking bagusnya kali yak? Hehe, Selain itu saya perhatikan sepak-an para penendang termahsyur banyak yang meleset dan melambung ke atas mistar gawang. Kayaknya Jabulani itu bola yang sangat ringan. Padahal ga beda jauh ama standar FIFA paling beda 10 gram.

Nah, Yang kerennya lagi, gerak liar tak terduganya Jabulani juga seolah mewakili penampilan negara-negara peserta WC, setidaknya hingga putaran awal penyisihan berakhir. Banyak banget hasil-hasil tak terduga yang bikin naik turun emosi J.  Itu salah satu yang bakal dikenang di WC 2010 ini. Nih listnya:

  • Jerman yang tadinya menang mudah lawan the socceroos (4-2) malah kalah dari serbia (0-1).
  • saya sempat berharap pada Kor-Sel sebagai wakil asia yang berhasil menaklukan (2:0) Yunani sang juara eropa 2004 namun kemudian dibantai Argentina (1-4)L
  • Lalu Spanyol yang kalah oleh Swiss (0-1). Padahal swiss dikepung abis2an. Permainan spanyol juga sangat baik dengan speed dan umpan2 terukurnya.
  • Inggris ditahan Amerika karena kesalahan antisipasi kiper (1-1). Rupanya kutukan itu belum hilang :p
  • Amerika yang ditahan Slovenia (1-1)padahal pernah menang lawan Spanyol di piala konfederasi
  • Meksiko yang menahan tuan rumah dan menang atas Prancis (2-0), bahkan Brasil sempat keteteran oleh Korea-Utara (2-1).
  • Italy yang kalah sama Slowakia (0-1). Edunlahh Slowakia. Ga nyangkaaaa. Perasaan Catenaccio milik Italy tapi Slowakia bisa bermain terbuka dan malah balik mengurung italy. Di WC kali ini Prancis dan Italy bikin sensai pulang kampung duluan.

To be continued..

*picture source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: