Teaching

Kali ini saya mau buat suatu pengakuan. Saya suka mengajar. Terutama mengajar anak-anak. Pengalaman mengajar saya berawal ketika SMU. Saya dan teman2 di SMU Dwiwarna diharuskan menjadi guru pengajian anak2 di Parung Bogor selama satu semester (Proyek Guru Agama: Pak Trisno). Kegemaran ini kemudian berlanjut ketika kuliah. Sejak tingkat 2 saya menyalurkannya melalui les privat, murid saya tidak banyak, biasanya setingkat SD atau SLTP, namun pernah juga SLTA.

Hal yang menarik minat saya pada mengajar adalah kenyataan bahwa setiap murid memiliki kemampuan yang berbeda dan secara kepribadian unik. Diperlukan cara-cara yang kreatif agar dapat membuat murid nyaman dengan saya, pengajar mereka, itu pertama. Kedua, Diperlukan penyampaian yang kreatif pula agar mereka mampu mengerti dan memahami bahasa saya, atau istilah kerennya ‘nyambung’. Ketiga, mengajar bagi saya menghubungkan dengan misi saya kepada sesama muslim yaitu silaturahmi.

Kalo diingat-ingat, ketika mengajar berbagai pengalaman saya temui seperti melewati tempat seram untuk menuju tempat pengajian di malam hari.. (hiiyy), mengajar di Kopo padahal rumah saya di Ujungberung.. (Beuhh jauh benerrr..), mengajar di rumah murid yang pelihara beruang (busyett dahh.. untung akhirnya si Tedy diserahkan ke Bonbin) sampe ke pengalaman anak didik saya dapet 10 di ujian prakteknya.. hehehe..

Saat ini murid saya yaitu Andaru dan Gagan. Yang satu keturunan Jawa sedangkan yang satu lagi Sunda. Yang satu pinter, yang satu lagi membutuhkan kesabaran yang buanyak agar dia benar2 paham materi yg saya sampaikan. Lewat mengajar saya merasa puas ketika saya berhasil mentransfer pemahaman saya ke dalam benak mereka, dan kadang mengajar memberi saya hiburan melalui hari2 yang berat…

Smoga apa yg saya ajarkan bermanfaat buat murid2 saya.. amin.

2 responses to this post.

  1. ” …mengajar di rumah murid yang pelihara beruang (busyett dahh.. untung akhirnya si Tedy diserahkan ke Bonbin)… ”

    komentar :
    HAH!? Serius lo?! Gile, peliharaannya gak tanggung-tanggung!! Gw mau pelihara Yeti, ah, kalo gitu. Bukan Yeti dari Himalaya tapi Yeti dari Sumedang [halah, siapa pula ini?] ^ ^’

  2. Posted by acilo on March 13, 2008 at 1:34 am

    ohh ceu yeti yang itu, lu pasti ketemu dia pas malem yah? soalnya pas siang yanto namanya :p

Leave a Reply

