Merokok berat=Penyakit Buerger=Amputasi :(

Merokok? Apa sih enaknya? Dari dulu pertanyaan ini selalu menggantung dibenak saya. tidak pernah masuk akal bagi saya untuk menghisap bau yang tak sedap, menghirupkannya ke dalam paru-paru, dan mengalirkan racun-racun itu di butiran darah akan terasa enak. Dari jaman SD teman-teman saya bela-bela in ngumpet demi merasakan sebatang dua batang, sampe sampe kalo ga ada ya kepaksa pake ranting buah jambu terus disundut (biar ada efek asepnya :D parrah). Untungnya saya punya gen anti rokok, jadi tiap nyoba langsung mual dan batuk-batuk.

Dari beberapa perokok yang saya tanya, katanya nikmat dan menenangkan kala merokok. Well guess what? Sebelum anda berubah menjadi perokok berat lihat dulu gambar diatas. Gambar tersebut saya temukan bulan lalu. Yup, penyakit baru ini lebih sering ditemukan dari para perokok tulen. Namanya Buerger disease. Penyakit ini menyebabkan jari dan kaki tangan si penderita diamputasi. Sangat mengerikan :(

Berdasarkan tanyadokter.com, Penyakit Buerger merupakan suatu peradangan pada pembuluh darah arteri dan vena serta saraf pada tungkai yang menyebabkan gangguan aliran darah. Jika tidak diobati dapat menyebabkan gangren pada daerah yang dipengaruhinya. Penyakit Buerger dikenal juga sebagai tromboangitis obliteran. Penyakit ini sering diderita pria dewasa muda hingga usia pertengahan (20-40 tahun) terutama perokok berat. Penyakit ini jarang ditemukan pada bukan perokok, oleh sebab itu merokok merupakan suatu faktor penyebab timbulnya penyakit ini.

Nah, lebih detailnya lagi, kita simak secuil kisah nyata pak Subairi (38) dari beritajatim.com berikut ini,

Subairi menceritakan, sebelum seluruh jari tangannya ‘hilang’, pada 2005, pada tangan dan kakinya muncul bintik merah bercampur hitam seperti darah yang menggumpal disertai panas yang amat tinggi. Terlebih, penyakit panas tersebut akan bertambah parah jika terkena air.

“Saya langsung memeriksakan hal ini ke dukun dan rumah sakit. Tapi katanya kena penyakit biasa dan tidak akan terjadi apa-apa,” ungkapnya.

Setelah memeriksakan penyakit yang dialaminya, tanpa disadari tiap hari ada luka pada jari tangan dan kaki. Luka tersebut, kata dia, seperti menggerogoti layaknya kertas yang terbakar oleh api. Al hasil, selama lima tahun, seluruh jari tangan dan tiga jari kaki hilang terkena buerger Disease. “Saat ini, saya susah untuk tidur. Badan terasa panas,” tandasnya.

Dijelaskan oleh dokter yang menangani pak Subairi, gejala penyakit ini biasanya diawali dengan rasa ngilu seperti kesemutan pada pembuluh darah yang terkena (terutama tungkai dan lengan), dan jika disentuh terasa keras. Kemudian, tambah Iri, pembuluh darah yang terserang tadi berubah menjadi kecil, dan rasa sakit yang timbul akan hilang.

Nantinya, serangan beralih tempat ke pembuluh darah yang lain dan mengalami hal yang sama yakni sakit, keras dan mengecil. Kejadian tersebut akan berlanjut terus jika penderita tetap merokok. Lama kelamaan pembuluh darah (terutama tangan dan kaki) secara perlahan akan terus-menerus mengecil akibat sumbatan.

“Makin lama banyak pembuluh darah yang mengecil sehingga keperluan tubuh di bagian tertentu seperti zat makanan atau oksigen akan tersumbat. Akibatnya, sebagian jaringan menjadi rusak dan mati atau muncul luka tanpa sebab berwarna hitam,” ujarnya.

Dalam keadaan seperti ini, tambah Iri, dokter biasanya akan memberi pilihan agar bagian tubuh yang luka tersebut untuk diamputasi. Meski, kehilangan salah satu anggota tubuh tentunya bukanlah hal yang menyenangkan. Namun, jika penyakit buerger telah memasuki stadium lanjut amputasi merupakan jalan terakhir untuk menyelamatkan penderita.

Sampai sekarang memang belum ditemukan penyebab yang sebenarnya dari Buerger disease. Bisa dari rokoknya ato dari gen di manusianya. Well, Who knows? Rokok-rokok makin banyak jenisnya dan semakin banyak perokok tiap hari yang berpotensi terkena penyakit ini. Jika anda cukup peduli dengan orang-orang disekitar anda. Ingatkanlah mereka akan Buerger disease ini.

gambar thanks to: vasculitis.med

About these ads

8 responses to this post.

  1. Posted by defanie on December 27, 2010 at 6:57 am

    Siang dokter,,
    dok, tante saya punya penyakit aneh…
    awalnya dua kakinya berwarna merah seperti kena air panas,lalu berubah lagi jadi biru dan sekarang warnanya hitam seperti terbakar (gosong).
    kakinya itu juga keras seperti kayu, dan sekarang dagingnya mulai rontok sedikit demi sedikit.
    prosesnya cepat sekali dok,tidak sampai sebulan bagian betisnya sudah tidak berdaging.
    menurut yg merawat, waktu mereka periksa kakinya pagi hari masih ada daging di betis, tapi sorenya mereka periksa lagi, daging yg dibetis itu udah tidak ada dan serpihan / sisa dari daging yg hilang itu juga tidak ada (jadi seperti hilang/dimakan sesuatu -mungkin sejenis bakteri atau kutu- bukannya rontok/copot).
    sekarang sudah hampir dua bulan tante saya mengalami penyakit tersebut, dan sudah sampai ke paha.
    kakinya juga mengeluarkan bau busuk.
    menurut dokter ini penyakit diabetes, tapi ternyata bukan, dan sampai sekarang keluarga belum mengetahui jenis penyakit ini dan cara mengobati yg benar.
    mohon kiranya dokter mau berbagi soal jenis penyakit ini dan mau mem.
    thx

  2. saudara sepupu saya skrg teerbaring diruang icu rs cipto. dia sdh menjalani operasi. tangannya sdh hitam. kemarin katanya, dia muntah dan muntahnya berwarna hitam, saya dengar dia akan dioperasi lagi.
    coba tolong pemerintah, menambahkan pd setiap kemasan rokok akan bahaya penyakit ini, bkn hanya yg sdh ada skrg ini pd setiap kemasan

  3. Posted by yuki on February 26, 2012 at 2:05 pm

    saya mohon ijin share di account facebook saya

  4. Posted by Zild on May 9, 2012 at 12:21 pm

    Buerger disease atau ‘virus rokok/nicotin’, memang penyakit yg amat berbahaya, kakak laki2 saya harus diamputasi kaki kanannya sampe pangkal paha akibat buerger desease. Memang sangat cepat penyakit ini berkembang dalam hitungan jam nyawa pun bisa tidak terselamatkan. Gejalanya sama dgn yg dipaparkan teman2 sblmnya, jgn anggap remeh penyakit ini. Karena dikhawatirkan bisa menurun dari penderita ke anaknya ( gen/darah yg sama). Begitulah pesan dokter setelah kakak saya almarhum di ruang icu, setahun setelah amputasi. Waspadalah juga buat kita yg saudara sekandung, jgn merokok, bila merasa baru merokok sebatang sudah timbul gejala kesemutan di ujung jari, mungkin kita juga punya gen yg sama.

  5. Posted by acilo on May 23, 2012 at 6:21 am

    Terima kasih atas commentnya.. :) kalo merokok itu memang terlalu banyak ruginya, ya asep ya uang sia2 ya sampahnya.. pokoknya bener2 rugi deh..

  6. Posted by acilo on May 23, 2012 at 6:22 am

    Silakan :) terima kasih sudah membaca..

  7. paman saya juga terkena penyakit ini. awalnya cuma luka kecil di kaki. sekarang sudah menjalar sampai lutut dan terancam diamputasi,,,

  8. Posted by arul on November 12, 2012 at 2:10 pm

    halo sob.
    Bapa saya terkena penyakit beurger juga,yg jari tengah sudah d amputasi tapi yg lain kena juga.
    Tpi sekerang udah agak baikan dan udah ada perkembangn sembuh,saya bersukur bapa saya bisa sembuh akibat bantuan dari pengobatan herbal yg brada d tasikmalaya.
    Kalau teman semua ada yg menderita penyakit yang sama bisa hubungi bapa encep yg bertempat tinggal d kampung teras kecamatan jamanis kab tasikmalaya.
    Ini no yg bisa d hubungi 087725988889.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: